Perbedaan Beragam Besi Beton

Dalam penjualannya di pasaran maka besi beton yang paling banyak peminatnya adalah besi beton berukuran 8 mm serta 10 mm, yakni Ukuran standar yang pada umumnya digunakan untuk membangun suatu hunian rumah tinggal. Sedangkan jika untuk proyek pembangunan suatu gedung, maka biasanya akan menggunakan besi beton dengan ukuran 12 mm serta 14 mm. Jika memerlukan  ukuran yang lebih besar juga bisa didapat dengan cara memesan khusus ke pabriknya. Informasi pada jual besi beton polos bisa diperoleh secara online lewat internet, selain secara offline melalui berbagai iklan di surat kabar. Berikut beragam besi beton itu.

Macam-Macam Besi Beton

Besi beton dalam proses pembangunan itu sangat penting karena bila tidak ada besi beton ini, maka sebuah bangunan akan dapat dengan mudah retak dan juga hancur. Pada dasarnya terdapat 2 jenis besi beton itu, sebagai berikut.

Besi Beton Ulir atau Deformed Bar

Pertama ialah deformed bar atau besi beton ulir. Deformed bar atau Besi ulir itu mempunyai permukaan yang kasar dan bergelombang atau berbentuk ulir yaitu mirip menyerupai sirip ikan tapi tersusun secara vertikal dari atas ke bawah. Adapun penampang dasarnya sebenarnya bundar namun karena tambahan ulir yang ada pada permukaan tersebut membuat penampang dasarnya berbentuk bundar ditambah dengan sirip ikan. Bentuknya bisa sedikit bervariasi karena tergantung pada hasil produksi pabrik yang membuatnya. Daya kekuatan tekan besi beton ulir ini minimal 400 Mpa

Besi Beton Polos atau Plain Bar

Lalu kedua ada plain bar atau besi beton polos. Sesuai namanya maka bentuk besi beton polos ini lurus polos tidak kasar atau tidak berulir. Harganya lebih murah. Daya kekuatannya minimal 240 Mpa. Besi beton polos ini lebih mudah dibentuk. Kegunaan atau fungsinya adalah untuk membungkus besi beton ulir yang digunakan untuk menambah kekuatan tulangan konstruksi suatu dinding bangunan.

Ukuran standar Besi Beton

Ukuran standar besi beton bermacam-macam, Ukuran yang paling umum dipakai adalah ukuran 12 meter. Sedangkan diameternya juga bermacam-macam, terdapat ukuran 6mm, dan 8mm, serta 10mm, juga 12mm, dan 13mm, serta 16mm, dan 22mm, juga ada 25mm. Dengan  toleransi setidaknya dalam kisaran 0,2mm. Merknya akan terlihat di atas penampang besi betonnya. Kekuatan ukuran besi beton itu bisa diukur dengan alat hardness meter.

Kegunaan Besi Beton

Besi beton ulir karena memiliki kisaran harga yang jauh lebih tinggi daripada harga besi beton polos, maka besi beton ulir atau deformed bar ini akan lebih cocok digunakan untuk bangunan tinggi yang bersifat komersial yakni seperti mall atau pusat perbelanjaan, atau hotel atau apartemen. Sedangkan plain bar atau besi beton polos akan lebih cocok dan efisien dari segi harganya untuk digunakan pada suatu bangunan pribadi seperti rumah.

Belilah besi beton sesuai kebutuhan, dan jangan beli besi beton yang karatan dan yang tidak sesuai dengan standar sertifikat SNI, agar tidak merugi dan berbahaya akibatnya.