4 Selebritis Ini Mengomentari Debat Pilpres 2019 Yang Jadi Berita Nasional

Debat Pilpres 2019 putaran pertama telah diselenggarakan Kamis (17/1/2019) di Hotel Bidakara. Acara ini mengundang perhatian banyak kalangan, termasuk kalangan selebritis dan menjadi perbincangan serta berita nasional. Beberapa selebritis membuat celoteh di sosial-media terkait pernyataan yang disampaikan kedua pasangan capres dan cawapres.

Korupsi Tak Seberapa Itu Berapa Rupiah?

Komika Arie Kriting sepertinya tidak satu kata dengan jawaban capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang mengizinkan enam eks napi koruptor jadi caleg Partai Gerinda. Soalnya korupsi yang dilakukan mereka kadarnya tidak seberapa.

Kalimat itu berhasil memancing kekritisan Arie. Ia pun menyampaikan kegelisahannya tersebut dengan menanyakannya pada dua orang anggota BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo-Sandi.

Ia bertanya pada Faldo Maldini tentang korupsi tak seberapa itu sebanyak apa. Namun juru bicara BPN Prabowo-Sandi ini tak menjawab.

Karena itu, Arie melontarkan pertanyaan serupa. Kali ini orang yang ditanyanya adalah Dahnil Simanjuntak. Kepada koordinator juru bicara PBN Prabowo-Sandi itu, Arie menanyakan perihal yang sama: berapa rupiah dari korupsi tidak seberapa itu? Ia bahkan menambahkan dirinya hanya rakyat jelata dari Buton.

Debat Pilpres Mirip Pertempuran Mobile Legend

Disisi lain yang menjadi berita nasional, Ernest Prakasa berkomentar agak lucu, menyamakan debat Pilpres 2019 dengan pertempuran Mobile Legend. Ia mengatakan Ma’ruf bertugas sebagai tank yang tidak perlu aneh-aneh. Tapi kebal jika diserang dengan jurus ultimate kubu nomor urut 2, yaitu agama.

Jajak Pendapat Versi Iwan Fals

Usai debat pertama Pilpres 2019, musisi Iwan Fals juga ikutan memberi komentar. Tapi komentarnya tidak diarahkan pada kedua pasangan capres dan cawapres, melainkan pada pembawa acaranya, Ira Koesno. Ia merasa Ira Koesno galak sebagai moderator.

Ia juga melakukan jajak pendapat (japat) kepada para warganet. Manakah calon yang akan dipilih: nomor urut 1 atau nomor urut 2.

Setengah hari lebih, tepatnya 16 jam japat, 22 ribu suara berhasil dikumpulkan. Siapa pemenangnya? Pasangan Prabowo-Sandi unggul dari pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan hasil 72 persen : 28 persen.

Debat Pilpres Tak Ada Rasa

Sementara itu di berita nasional lainnya, Budayawan Sudjiwo Tedjo komentar sendiri yang menyebut debat Pilpres 2019 putaran pertama “tak ada rasa”-nya. Padahal data dan program dimiliki masing-masing pasangan capres dan cawapres. Ia juga meminta kepada KPU tentang keberadaan debat dalam Pilpres 2019.

Selain itu, ia juga berkomentar tentang penampilan Ira Koesno, khususnya bagian terakhir. Ira meminta kedua pasangan capres dan cawapres memuji penampilan masing-masing.