Tips Memilih Generator Listrik Untuk Keperluan Tenaga Listrik di Rumah Anda

Genset adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menghasilkan tenaga listrik. Dinamai genset karena merupakan set gabungan antara dua perangkat berbeda, terdiri dari generator dan engine. Enginenya sendiri bisa berupa diesel yang menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Sedangkan untuk generatornya itu sendiri ialah kumpulan tembaga yang didalamnya terdapat stator dan rotor. Harga generator listrik dapat berbeda berdasarkan jenisnya.

Bagaimana Tips Memilih Genset Untuk Rumah?

Genset digunakan supaya bisa menghasilkan tenaga listrik cadangan ketika daya listrik PLN sedang mati. Untuk memilih generator set haruslah dilakukan sesuai kebutuhan. Karenanya, kami berikan tips memilih genset untuk kebutuhan di rumah berikut ini :

  1. Tentukan Kebutuhan Daya Listrik Anda

Sebelum membeli genset, sebaiknya tentukan apa saja peralatan yang Anda punya di rumah yang menggunakan listrik. Jika alat elektronik di rumah hanya memiliki beberapa saja, contohnya kipas angin, pompa air, lampu, televisi, AC, dan kulkas, Anda dapat memilih genset yang wattnya lebih kecil dari kapasitas tenaga listrik rumah Anda. Akan tetapi jika ada banyak elektronik yang digunakan, Anda pun bisa memakai kapasitas genset yang lebih tinggi dari kapasitas tenaga listrik di rumah. Anda dapat berkonsultasi jenis dan harga dari generator listrik sebelum membelinya.

  1. Sesuaikan Genset Dengan Kebutuhan Anda

Ada 2 macam genset yang digunakan untuk hunian pada umumnya, seperti standby genset, biasanya dipasang permanen serta akan langsung hidup ketika listrik padam lalu akan mati ketika listrik PLN sudah menyala kembali. Biasanya genset ini memanfaatkan bahan bakar gas, digunakan jika Anda mempunyai saluran gas tersendiri. Jenis genset ini juga termasuk yang paling pas untuk hunian. Harga generator listrik bervariasi tergantung jenisnya.

Selain standby genet, ada lagi portable genset dengan harga yang lebih ekonomis daripada standby genset. Jenis genset ini dapat diletakkan dimana saja, serta dapat digunakan untuk kebutuhan luar ruangan dan menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Sayangnya genset jenis ini suaranya terasa cukup bising ketika sedang dinyalakan. Selain itu, cara pemakaiannya pun tergolong sulit karena menggunakan engkol.

  1. Pilih Tipe dan Merk yang Recommended

Untuk mengetahui tipe dan merk genset apa saja yang recommended, Anda dapat mencari informasi di internet sebanyak-banyaknya. Baca ulasan atau testimoni pembeli kemudian lakukan perbandingan. Selanjutnya Anda bisa periksa apakah distributor genset tersebut memberikan garansi ataukah tidak. Sebelum memakai genset, perhatikan pula segi keamanannya serta pastikan untuk tidak menyalakan genset di ruangan atau di dalam rumah, karena sisa pembakarannya yang berupa karbon monoksida akan sangat berbahaya bila terhirup oleh anak-anak.

  1. Pilih Genset yang Daya Listriknya Lebih Tinggi dari Kapasitas Listrik Darurat di Rumah

Generator set yang ada di pasaran biasanya mempunyai daya listrik beragam, mulai dari 500 watt, 1000, dan seterusnya. Karena itulah pilih daya listrik yang paling cocok dengan harga generator listrik yang sesuai dengan hitungan kebutuhan listrik darurat di rumah Anda.