JENIS Kerusakan Mesin Genset Diesel Yang Sering Terjadi

Anda akan membeli genset? Sangat tepat bila memahami beragam kendala atau kerusakan yang sering terjadi pada mesin genset diesel. Dengan demikian akan sangat memudahkan dalam pencegahan, perawatan dan perbaikannya. Nah, apa saja kerusakan umumnya terjadi?

Mesin Generator Sulit Dihidupkan

Kerusakan pada genset ini terbilang sangat fatal, oleh karena mesin ini tidak bisa dimanfaatkan fungsinya. Meskipun sudah dinyalakan berulang kali tetap saja mesin gensetnya tidak mampu hidup. Penyebab dari kendala ini biasanya kondisi baterai yang lemah atau sudah mati. Sehingga genset akan sangat sulit untuk dihidupkan. Cara mengatasi permasalahan ini tentunya dengan mengganti baterainya dengan yang baru.

Penyebab lainnya bisa karena kawat yang putus atau dalam kondisi kendur. Oleh karena itu mesin gensetnya tidak bisa dihidupkan. Untuk itu, perlu untuk mengganti kawat atau mengencangkan kembali kawat yang kendur. Dengan demikian, harapannya genset bisa kembali dinyalakan.

Mesin Genset Mendadak Mati

Genset bisa saja terlihat tidak bermasalah, sehingga akan tetap beroperasi saat dihidupkan. Sayangnya di tengah pemakaian bisa mendadak mati mesinnya. Kondisi ini pastinya membuat anda bingung dan kerepotan untuk menanganinya. Kalau dipantau dari penyebabnya bisa beragam.

Pemicu umumnya adalah mesinnya terlalu banyak terisi air. Jadi ketika mesinnya hidup, air yang berada di dalam tangki bahan bakar bisa berpindah tempat. Nah, untuk mengatasinya dengan membuang udara dan air di dalam pipanya.

Pemicu lainnya adalah penyumbatan yang terjadi pada lubang ventilasi tempat bahan bakarnya. Oleh karena itu sangat wajar kalau gensetnya tidak bisa beroperasi secara normal. Cara penanganannya dengan pembersihan sumbatan pada lubang ventilasinya.

Penyumbatan pada katup juga bisa mengakibatkan genset mati mendadak. Agar genset bisa beroperasi dengan sempurna, maka cepat bersihkan penyebab penyumbatan pada katupnya. Dengan begitu, mesin genset diesel bisa bekerja secara normal kembali.

Mesin Genset Tidak Memiliki Daya

Agar genset bisa berfungsi normal, tentunya harus mempunyai daya. Sehingga kalau gensetnya kehilangan daya, maka bisa tiba-tiba mati saat sudah menyala. Selain itu, mesinnya memang menyala tapi tidak bisa berfungsi untuk menghasilkan daya listrik.

Penyebab dari kondisi ini adalah plunyer pompanya yang mengalami keausan. Sehingga tidak memiliki performa semestinya ketika dihidupkan mesinnya. Cara perbaikannya dengan mengganti komponen tersebut. Pemicu lainnya dari kerusakan itu adalah karena terjadi kebocoran pada rumah katup. Cara mengatasinya dengan memperbaiki atau melakukan penggantian pada komponen tersebut.

Nah, itulah tiga kerusakan umum yang kerap terjadi pada perangkat genset. Tentunya masih banyak lagi kendala yang bisa saja terjadi. Tentunya ketiga kendala di atas sangat menjengkelkan. Apalagi kalau sedang sangat dibutuhkan fungsinya. Agar tidak terjadi kerusakan tersebut, maka penting untuk melakukan pengecekan rutin pada mesin genset diesel.